Pengalaman Menjadi Mahasiswa Teknik Elektro

Assalamualaikum wr. wb
Sebagai salah satu penulis blog sekaligus admin blog fortekin.blogspot.com saya akan memberikan pengalaman tentang kehidupan saya. Saya menulis blog ini bukan asal-asalan dan tanpa pengalaman, tetapi apa yang saya tulis memang dari pengalaman saya, karena isi dari blog ini memang terkait sekali dengan bidang studi yang saya tempuh di universitas. 

Gambar 1. Mahasiswa Teknik Elektro

Saya merupakan mahasiswa teknik elektro yang saat ini berada pada semester 8 dan sedang mengerjakan skripsi sembari menikmati waktu luang karena kegiatan perkuliahan sudah saya selesaiakan semester 1-7. Di waktu luang ini saya memanfaatkan waktu untuk lebih sering berbagi dan menulis informasi terkait dengan engineering, electrical engineering, dan teknologi. 

Alasan Masuk Teknik Elektro
Saya masuk jurusan teknik elektro di salah satu universitas negeri di jawa tengah pada tahun 2016. Alasan saya masuk jurusan ini dikarenakan saya sudah menyukai teknologi, matematika, dan beberapa ilmu fisika, yah walaupun ilmu dan skil saya masih jauh dari kata sempurna tapi setidaknya saya menyukai fenomena-fenomena pada bidang ilmu tersebut.

Gambar 2. Gedung Teknik Elektro di Universitas Saya

Apa itu Teknik elektro
Ada pepatah yang disampaikan salah satu dosen faforit saya, bahwa tidak mungkin bisa menguasai ilmu engineering khususnya teknik elektro jika tidak mengusai ilmu saintek seperti matematika dan fisika. Hal ini saya benarkan 100% karena saya merasakan sendiri. Ilmu matematika dan fisika saya masih sangat jauh dari kata sempurna sehingga saya lumayan merasakan kesulitan. 

Gambar 3. Salah satu mata kuliah teknik elektro

Teknik elektro merupakan bidang ilmu engineering (rekayasa) yang berfokus mempelajari sistem kelistrikan dan dinamika elektron dengan didasari ilmu saintek (matematika, fisika, kimia) untuk diaplikasikan pada masalah dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini teknik elektro atau yang biasa disebut electrical engineering memiliki cabang ilmu yang banyak tidak seperi saat pertama kali ilmu teknik elektro dimasukan dalam salah satu cabang ilmu teknik. Cabang ilmu teknik elektro yang paling poluler diantaranya sistem tenaga listrik, sistem elektronika, teknik kendali, dan sistem komunikasi. Ada juga ilmu lain yang merupakan cabang ilmu baru dari teknik elektro seperti kecerdasan buatan dan elektromedis. Saya mengambil sistem elektronika sebagai fokus yang saya pelajari di teknik elektro. 

Cerita selama kuliah
Dalam cerita selama kuliah di teknik elektro, saya akan membaginya menjadi setiap semester mulai dari mahasiswa baru, sampai menjadi mahasiswa tingkat akhir. 

Semester 1 - Mahasiswa Baru
Menjadi mahasiswa baru merupakan masa paling bersemangat sekaligus menyebalkan bagi saya. Yang membuat saya senang dan bersemangat adalah saya membayangkan belajar ilmu elektro seperti diluar negeri, sering di laboratorium, dan membuat robot-robot seperti di film sains fiksi yang merupakan genre film faforit saya. Yang membuat menyebalkan adalah masa orientasi mahasiswa baru atau yang biasa disebut dengan ospek. Ospek di fakultas teknik memang sudah menjadi rahasia umum yaitu sangat keras dan dituntut untuk solid. Di universitas saya ospek teknik elektro merupakan ospek dengan waktu yang paling lama dan dengan syarat paling susah. Saat ini ospek saya sekitar 3 bulan, dan lebih parahnya lagi adik tingkat saya yang merupakan angkatan 2017 lebih lama yaitu 6 bulan.

Gambar 4. Saat Mahasiswa Baru

Saat semester 1 mahasiswa elektro akan kembali mengulang beberapa materi SMA dan beberapa materi untuk memberkuat dasar di teknik elektro seperti Matematika Teknik, Fisika Dasar, dan Rangkaian listrik dasar Semester 1 merupakan masa untuk mengenalkan diri dan beradaptasi di universitas baik secara akademis maupun non akademis. Di semester ini juga mengenal mata praktikum pertama kali yaitu praktikum fisika yang teorinya sudah ada di SMA dan diperkuat di mata kuliah teori fisika universitas. Saran saya untuk mahasiswa yang sedang menempuh semester 1 teknik elektro untuk lebih memperkuat ilmu dasar, sayah sudah melewati sendiri jika ilmu dasar tidak kuat akan susah di semester -semseter berikutnya. Untuk masalah non akademis seperti organisasi, saya mulai mengenal di semester 1, yang saat itu saya mengikuti School of BEM. Di organisasi ini saya belajar bagaimana mengendalikan masa dan berkomunikasi dengan orang lain. 

Semester 2 - Masa Perubahan
Semester 2 merupakan masa perubahan bagi saya baik dari sisi akademis maupun non akademis. Disemester ini saya mulai memiliki banyak teman yang memiliki hobi dan kesukaan yang sama terutama di teknik elektro. Saya mulai menemukan sahabat dan sosok guru yang tulus mengajari saya. Di semester ini saya juga mulai berinteraksi dengan mahasiswa teknik elektro di universitas lain. Pada saat bulan februari semseter 2 saya mengikuti organisasi Himpunan Mahasiswa Teknik elektro dan saya berada pada divisi pengembangan minat dan bakat. Pengalaman yang paling penting saat semester 2 yaitu ketika saya dipilih oleh universitas untuk mewakili olimpiade mahasiswa nasional bidang fisika. Walaupun belum dapat juara, setidaknya pengalaman ini membuat sadar saya bahwa ilmu saya masih sangat minim dan harus dikembangkan lagi.

Gambar 5. Olimpiade Fisika

Hal yang paling membuat saya berubah ketika saya bertemu salah satu dosen baru yang menurut saya sikap dan kecerdasanya sangat luar biasa. Dosen ini menjadi sosok dan motivasi sendiri bagi saya untuk selalu berkembang, walaupun saya masih belum memerikan sesuatu yang membanggakan untuk beliau. Perjalanan hidup dan kisah kisah beliau memang bermakna dan bisa dijadikan contoh bagi mahasiswa di kampus saya. Dosen ini yang membuka mata saya apa itu sebenarnya ilmu teknik khususnya teknik elektro. Penguasaan terhadap ilmu fundamental seperti matematika dan fisika tidak diragukan lagi apalagi ilmu teknik elektronya seperti power elektronik yang menjadi fokusnya. Saya rasa gelar Master of Engineering tidak pas bagi beliau karena kualitasnya yang sangat bagus. Bahkan banyak permasalahan dari doktor di bidang teknik yang tidak bisa diselesaikan akan diselesaikan oleh beliau. Tidak hanya panutan karena kecerdasanya, saya juga sudah menganggap sebagai seorang saudara dan orang tua bagi saya. Diumurnya yang masih terbilang muda (30 tahun) sikap dan kemampuan elektronya sudah sangat luar biasa.

Semester 2 merupakan masa praktikum untuk teori-teori yang telah diajarkan di semseter 1. Misalkan mata kuliah teknik digital di semester 1, di semester 2 aka ada praktikum mata kuliah teknik digital. semester 2 juga lebih banyak menekankan project dan praktikum. Saat semester ini saya ada tugas dari dosen mata kuliah fisika elektro yaitu membuat project tentang apa yang sudah dipelajari di matakuliah fisika, baik itu fisika dasar maupun fisika universitas. Pada saat itu saya project merupa mesin stirling atau stirling engine yang mengacu pada mata kuliah fisika khususnya di fisika mekanik. Saya membuat ini bukan tanpa alasan, tapi karena terinspirasi dadi dosen faforit saya yang mana beliau sudah ahli membuat mesin stirling bail secara teori maupun praktik. Alhasil mesin stirling saya bekerja dengan sangat baik dan lancar saat dipamerkan di pameran teknik elektro semeseter 2.

Gambar 6. Pembuatan Mesin Stirling

Gambar 7. Pameran Teknik Elektro

Salah satu hal yang membuat saya berkesan dan tak pernah lupa yaitu saat saya membuat komunitas yang bernama fortek. Awalnya komunitas ini hanya ide saya dan teman saya saat awal semester 2 untuk sering membuat project-project teknik elektro. Fortek singkatan dari forum teknologi yang menjadi tonggal awal saya menulis blog ini dan memberinya nama fortekin. Antusiasme mahasiswa teknik elektro angkatan 2016 sangat tinggi dan banyak yang mengikuti fortek. Hanya saja karena tidak konsisten, fortek mulai bubar dan tersisa beberapa orang saja. Saat ini fortek sudah tidak ada, tapi karena itu banyak komunitas-komunitas baru yang bermunculan dan memiliki tema yang sama.


Gambar 8. Beberapa Anggota Fortek

Semester 3 - Problem di Organisasi
Semester 3 tidak terlalu memberikan yang banyak, disini hanya terlalu banyak konflik. Di semester ini saya mulai tidak suka dengan cara mengajar dosen, mulai bosan dengan keramaian dan lebih senang dengan waktu menyendiri. Yang membuat saya paling down adalah saat saya berhenti melanjutkan organisasi di salah satu organisasi yang saya ikuti karena masalah dengan beberapa anggota yang lain. Citra saya di organisasi sangat buruk karena sikap saya yang terlalu frontal dalam memberikan pendapat. Di semester ini saya juga belajar dan tahu siapa teman yang masih mau menjadi teman saya. Hal yang paling membuat saya down adalah saat fortek bubar, ya karena saya merupakan ketua dari fortek tersebut. Saya tipe yang ambisius dan optimis, akan tetapi jika terkena masalah sering terpuruk dalam waktu yang lama. Tetapi setelah dijalani, semester ini juga memberikan pelajaran yang berharga bagi saya.

Untuk masalah akademis, saya tidak terlalu memiliki banyak perubahan, tidak pintar tidak juga terlalu bodoh. Di semester ini mahasiswa teknik elektro lebih fokus untuk mempelajari ilmu-ilmu teknik elektro yang lebih lanjut, artinya bukan mata kuliah dasar seperti matematika tapi memang sudah di bidang teknik elektro. Mata kuliah yang penting di semester ini madalah mesin listrik dasar, teknik telekomunikasi, praktikum elektronika dasar, dan rangkaian listrik 3.

Semester 4 - Puncak Permasalahan
Semester 4 merupakan puncak saya mendapatkan masalah. Disini saya memiliki masalah besar karena tidak bisa menjaga perkataan saya. Walaupun begitu masa ini memberikan makna yang besar terhadap kehidupan, hanya saja kadang ada sedikit trauma karena masalah saya tersebut. Saat akhir semseter 4 banyak mahasiswa teknik elektro yang merasa salah jurusan, tidak hanya saya, tapi ini di rasakan oleh hampir semua mahasiswa. Memang kuliah di semester ini banyak beban mulai dari praktikum dan persiapan modal ilmu untuk masuk konsentrasi jurusan di semester 5.

Mata kuliah faforit saya di semester 4 yaitu praktikum mesin listrik dan praktikum telekomunikasi. Alasan saya menyukai praktikum mesin listrik karena saya menyukai konversi energi dan elektromagnet. Saya rasa mesin listrik merupakan bidang ilmu yang penting untuk masa depan, baik mahasiswa sistem tenaga maupun elektronika.

Semester 5 - Pemilihan Konsentrasi Jurusan
Ini adalah masa yang paling bimbang bagi mahasiswa teknik elektro di kampus saya. Hal ini disebabkan karena harus memilih fokus / konsetrasi jurusan. Dikampus saya untuk angkatan 2016 kebawah hanya ada dua pilihan konsentrasi yaitu Sistem Tenaga Listrik (STL) dan Sistem Isyarat Elektronika (SIE). Berbeda dengan angkatan 2017 ke atas yang memiliki 5 konsentrasi jurusan seperti yang saya sebutkan di atas.

STL merupakan konsentrasi di teknik elektro yang membahas tentang sistem tenaga listrik terutama arus kuat, mulai dari pembangkitan, trasmisi, hingga distribusi. Sedangkan SIE merupakan konsentrasi teknik elektro yang mempelajari tentang karakteristik komponen elektronika, sinyal,  sensor, sistem kendali, dan semua yang berkaitan dengan rekayasa parameter-parameter elektronik.

Semester 6 - Mandiri
Sebagai mahasiswa yang sudah mendekati semester tua, pastinya jika terus menerus meminta uang dari orang tua akan merasa malu. Di semseter ini saya mulai mendapatkan uang sendiri seperti menjadi asisten praktikum, bekerja freelancer designer, membuka usaha desain, dan berjualan baju online. Uangnya tidak seberapa tetapi menambah pengalaman saya bagaimana memulai usaha dari nol dan mengatur keuangan. Penghasilan pertama saya adalah saat mendapatkan uang dari freelancer desainer sebanyk $83 atau sekitar 1.100.000 rupiah. Penghasilan tersebut saya gunakan untuk membeli perlengkapan kuliah sendiri seperti buku, tas, sepatu dan mouse.

Menjadi asisten praktikum juga masih sangat berkesan bagi saya, karena saya menjadi asisten praktikum di mata kuliah yang paling saya suka yaitu mesin listrik. Praktikum ini memberikan ilmu yang banyak bagi saya karena yang mengampu sendiri adalah dosen faforit saya yang memang sudah ahlinya di bidang tersebut. Disini saya juga mengenal adik tingkat dengan berbagai karekter, mulai dari yang pintar, uni, dan aneh. Semester 6 juga menyipkan saya untuk mengikuti kerja praktik yang nantinya akan di persentasikan di semester 7.

Gambar 9. Kerja Praktik


BACA JUGA : Kerja Praktik di PT. Madubaru Yogyakarta 

Semester 7 - Rejeki Nomplok
Semester ini menjadi masa paling menghasilkan uang bagi saya tetapi juga pengeluaran uang meningkat. Di semester awal semester ini juga saya melakukan kerja praktik diluar daerah sehingga perlu biaya hidup tambahan yang lebih besar. Hal yang paling banyak menghasilkan uang disini adalah saya menerima pesanan desain, karena usaha desain saya sudah lumayan ada yang mengenalnya. Saya juga masih menjadi asisten dosen di mata kuliah yang berbeda dengan sebelumya. Hal yang paling membuat saya memiliki banyak pengalaman adalah saat menerima pesanan desain dari salah satu pihak untuk membuatkan desain tempat wisata beserta dengan detaik bangunan dan elemen 3D lainya. Saya juga memulai membuka jasa pembuatan dan desain aplikasi atau bahasa kerenya pengembang aplikasi walaupun masih skala kecil.

Mata kuliah di semester 7 sudah merupakan mata kuliah fokus di konsentrasi saya dengan ditambah mata kuliah pilihan. Saya mengambil mata kuliah pilihan yaitu kecerdasan buatan, yang dilain waktu akan saya tuliskan mata kuliah tersebut.

Gambar 10. Proses Membuat Aplikasi Android

Semester 8 - Skripsi dan Heppy2
Semester ini saya memiliki tanggung jawab besar untuk mewujudkan cita-cita orang tua saya menjadi sarjana teknik elektro. Saya memiliki banyak waktu luang tetapi saya gunakan untuk meneruskan usaha saya yang sudah saya rintis dari semseter 7 dan saya tambahkan usaha lagi yaitu service komputer dan laptop. Saya inginmenulis skripsi tentang mobil listrik baik itu control ataupun pengisian dayanya. Tema tersebut ingin saya ambil karena merupakan prospek besar yang kedepanya sangat populer.

Saya rasa sudah cukup tulisan saya terkait pengalaman saya menjadi mahasiswa teknik elektro. Terimakasih telah mengunjungi blog fortekin.blogspot.com semoga bermanfaat. Apabila banyak kekurangan mohon maaf wassalamualaikum wr.wb.

-Admin-Wahyu Juliarto-

Comments

  1. Replies
    1. terimaksih telah berkunjung dan membaca cerita saya.

      Delete
  2. Ingin minta monifasinya min , masih maba elektro 🙃😌

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bisa nembalas... Semangat belajar. Elektro jika dipelajari dengan sabar ilmunya sangat menyenangkan. Ilmu elektro inshaalloh akan semakin berguna di masa depan. Yang penting jangan menyerah. Tetap yakin dan terus belajar...

      Delete
  3. Mantap mas.. sy kls 12 akhir.. niat ambil jurusan teknik elektro.. Bismillah lancar n lulus.. ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga dilancarkan cita2 dan tujuan ya, terimakasih telah berkunjung

      Delete
  4. Saya kuliah teknik elektro udah semester 5 kelas karyawan. Tapi saya merasa kaya gk mendapatkan ilmu apa2 selama kuliah. Yg ada cuma teori teori dan teori. Praktek baru 4x dari awal masuk kuliah sampai sekarang. Akhirnya saya putuskan ikut Balai Latihan Kerja (BLK) jurusan elektronika industri waktu di semester 3 dan alhamdulilah ilmunya kepake walaupun cuma 3 bulan pelatihan. Saya suka iri sama anak elektro yg udh bisa bikin alat,projek dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak masalah Mas, jalan hidup orang beda2 dan tujuan orang juga beda2, yang penting bisa menikmati hidup dan bahagia. Hehe...

      Delete
  5. keren banget ceritanya bang, gw juga nanti lulus sma pgen banget nerusin di tehknik elektro. pengalaman bisa masuk jurusan elektro gimana ya? apa saingan nya ketat banget?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga diterima dan di berikan yang terbaik saudara, pengalaman Saya dulu Sering2 latian soal khususnya math sama fisika, soalnya Saya jalur SBMPTN. Elektro lumayan ketat, bahkan di beberapa kampus besar merupakan jurusan paling susah dimasuki

      Delete
  6. Assalamualaikum kak ijin bertanya, saya sudah di semester 2 tp tidak ada pelajaran yang saya mengerti. Boleh kasih saya saran ga kak, biar saya semangat menjalani perkuliahan dan tidak merasa terbebani? Terima kasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dulu juga merasakan Hal yang sama, tp Saya akhirnya bisa mengatasinya. Saya share sepengalaman saya ya, saya Awalnya merasa kesulitan, terus Saya cari orang yang setidaknya bisa dijadikan mentor untuk membimbing dan mengrahkan tujuan, carilah kakak tingkat atau bahkan dosen untuk jadi mentor pribadi, kebetulan Saya bertemu dosen yang baik. Tips kedua mualailah bersyukur, ingat masa2 berjuang masuk kuliah, khususnya di jurusan yg Anda ambil. Bersyukur akan membuat kita menjadi semangat kembali. Jangan jadikan ini sebagai beban, tetapi jadikan sebagai nikmat dan amanah yg Allah pilihkan untuk Anda. Tips ketiga, belajar jangan tergesa gesa, tetapi di nikmati. Bayangkan ilmu2 elektro sebagai game / puzzle yang Harus dipecahkan dan Anda gamers nya, inshaalloh jika elektro dirasakan sebagai game, rasanya akan semangat dan senang setiap waktu. Belajar dengan tergesa gesa juga akan membuat ilmu tidak masuk secara permanen/ cepat lupa / tidak Paham sepenuhnya. Tips tambahan juga ads, yaitu untuk jangan ada di zona nyaman, jangan malas, sepengalaman Saya malas akan membuat kita semakin stress karena ketinggalan dengan yang lain. Meningkatkan rasa percaya diri juga penting, soalnya kalau minder kita akan takut duluan untuk belajar dan tidak merani belajar hal baru. Agar tidak stress, jangan membandingkan diri kita dengan orang lain, fokus saja sama tujuan dan kemampuan sendiri... Semua orang Sudah ada jalan hidupnya Masing2, ingat kata pepatah bunga tidak mekar bersamaan, banyak orang2 yang tertinggal tetapi karena fokus akhirnya sukses. Sementara itu dulu sih.... Untuk tips lain, saya segera membuatnya di channel youtube... Nanti link Saya kirimkan kalau channel dan video2 Sudah Saya buat... Terimakasih telah berkunjung...

      Delete
  7. Replies
    1. iya mas lulusan Elektro Untidar, semoga tulisanya bermanfaat, terimaksih telah mengunjungi blog saya

      Delete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  9. Lulusan Tidar yah mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas hehe, terimakasih telah mengunjungi blog saya

      Delete
  10. Bang keren banget ceritanya, semoga dengan abang berbagi cerita ini, semakin berkah dan lancar terus ya bang kedepannya, aamiin...bang saya kebetulan masih awal semester 2 nih bang, boleh kasih trik-triknya ngga bang sama silabusnya apa aja, hehehe oh iya sama aplikasi apa aja ya bang yang harusnya saya pelajari... Terimakasih bang seblumnyaaa <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiin, terimakasih doanya , semoga sampean jg sukses dan lancar kuliahnya. Kapan-kapan kalau saya pas libur kerja saya tuliskan tips nya kuliah di elektro dan bagaimana belajar agar sesuai dengan kebutuhan industri

      Delete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak, karena jejak digital akan selalu ada. Perkataan anda mencerminkan kualitas diri anda, terimakasih.

Popular posts from this blog

Rangkaian seri pembagi tegangan dan rangkaian Paralel pembagi arus - Rangkaian Listrik Dasar Part 3

Voltmeter dan Amperemeter - Rangkaian Listrik Dasar Part 4

Tutorial Sprint Layout (How to design PCB with Sprint Layout)