Drone JJRC H33 Review Tahun 2020

Assalamualaikum wr. wb

Postingan ini akan menampilkan review dan pengalaman saya menggunakan salah satu produk drone JJRC H33. Drone ini saya beli pada tahun 2017, seharga Rp. 124.000 karena saat itu sedang diskon di salah satu toko online di Indonesia. Harga Asli Drone JJRC sekitar Rp. 280.000.
Drone ini termasuk kategori kelas menengah kebawah dan cocok digunakan untuk pemula yang baru pertama kali memegang drone. Drone ini merupakan drone pertama saya, dan hanya membutuhkan waktu sekitar 2 hari saya sudah bisa mengiperasikan drone ini dengan sangat lancar.
Untuk mengetahui seperti apa Drone ini, saya akan menjabarkan beberapa pengalaman saya.

Gambar 1. Drone JJRC H33 dan kelengkapanya

Spesfikasi Drone JJRC H33
Negara Pembuat      : China
Tipe Drone              : Quadcopter (4 Motor Penggerak)
Jenis Motor             : Motor Brushed
Kekuatan Sinyal      : 2.4 GHz
Kapasitas Batere     : 300 mAh (Li-Po) 3.7V
Batere Remote        : 4 Batere AA
Waktu Pengecasan  : 40 menit
Lama Terbang         : 7-8 Menit
Jarak Kendali          : 300 m
Indikator                  : 1 Led Biru 2 Led Hijau
Fitur Tambahan       : Return To Home, Slot Kamera (Photo & Video), Headless Mode
Sensor Gyro            : 6 Axis Gyro
Dimensi                  : 27.5 cm x 27.5 cm x 7.5 cm
Batasan Umur         : Minimal 14 Tahun

Gambar 2. Dimensi Drone JJRC H33

Kelengkapan
1 Unit Drone JJRC H33
4 Baling-Baling
4 Pelindung Baling-Baling
2 Perangkat Landasan
1 Unit Remote Control
2 Unit Manual Book Bahasa Inggris dan China
1 Unit Kabel USB
1 Obeng dan 4 Baut

Review Drone JJRC H33
Drone ini merupakan drone basic sehingga sangat mudah digunakan untuk pemula sekalipun. Drone ini lebih cocok digunakan untuk bermain dan berlatih saja. Saat pertama kali menggunakan saya kaget karena dengan harga yang sangat murah sudah bisa memiliki drone berjenis Quadcopter dengan jarak kendali diklaim oleh perusahaan sejauh 300 meter. Desain drone ini sangat keren dan minimalis sehingga menurut saya sangat recomended dengan harganya yang sangat murah.

Drone ini saya terbangkan dengan jarak paling jauh sekitar 40 meter, saya belum mencoba lebih tinggi lagi dikarenakan angin di daerah saya kencang dan banyak peohonan. Walaupun diklaim memiliki waktu terbang 7-8 menit, faktanya drone ini saat saya terbangkan hanya bertahan 5-6 menitan, tetapi saya rasa ini sudah sangat cukup untuk drone sekelasnya. Fitur Return to Home pada Drone ini sangat berguna karena drone ini akan kembali ke tempat semula saat dihidupkan apabila terjadi loss signal.
Gambar 3. Penerbangan Drone JJRC H33

Batere 300 mAh pada drone ini terbilang kecil, sehingga saya mencoba menggunakan batere 500 mAh dari drone merek lain dan ternyata bisa terbang lebih lama. Waktu pengecasan selama 40 menit saya rasa lumayan singkat. Pada saat mengecas terdapat led indikator berwarna merah pada USB nya yang akan menyala terang, dan jika baterai sudah penuh led akan redup.

Remote pada Drone ini berbentuk seperti stik PS sehingga enak di genggam. Pada Remote Terdapat tombol-tombol fitur dan 2 kendali analog. Dibagian belakang remot terdapat batere cover yang dapat dilepas dan bisa diisi dengan 4 batere AA 1.5 Volt

Gambar 4. Transmiter / Remote Drone JJRC H33

Gambar 5. Keterangan Remote Drone JJRC H33

Saat menguji kecepatan, saya kaget karena bisa menempuh kecepatan rata-rata sampai 3 meter/s dengan arah mendatar kedepan. 6 Axis Gyro pada drone ini membuatnya lebih stabil dan mudah dikendalikan, selain ini 6 axis yang merupakan model terbaru sehingga memiliki tambahan arah sudut putar yang semula hanya maju-mundur, kanan-kiri, atas bawah bertambah menjadi putar kanan kiri, putar roll ke atas bawah, dan putar vertikal kanan kiri.

Walaupun dalam spesifikasi disertai slot kamera, yang memang benar adanya, tapi dalam membeli kenyataanya tidak ada kamera tambahan. JJRC Mengklaim yang dilengkapi kamera hanya seri H33W dan H33C, sehingga apabila ingin mencoba kamera harus membeli dengan cara terpisah.

Pelindung baling baling pada drone ini sangat berguna dengan bahanya yang lentur sehingga bisa melindungi drone saat jatuh. Sepengalaman saya saat menggunakan drone ini sudah jatuh puluhan kali dan drone ini masih lancar digunakan sampai saat ini.

Kesimpulan
Drone ini sangat recomended dengan harganya yang sangat murah. Drone ini cocok untuk pemula yang baru pertama kali bermain drone.

Terimakasih telah melihat postingan saya semoga bermanfaat. Jika ada kekurangan mohon dimaafkan dan jangan lupa untuk memberikan komentar dan saran di bawah ini. Wassalamualaikum wr.wb. 

Comments

Popular posts from this blog

Rangkaian seri pembagi tegangan dan rangkaian Paralel pembagi arus - Rangkaian Listrik Dasar Part 3

Voltmeter dan Amperemeter - Rangkaian Listrik Dasar Part 4

Tutorial Sprint Layout (How to design PCB with Sprint Layout)