Kerja Praktik di PT. Madubaru Pabrik Gula Madukismo Yogyakarta

Kerja praktik merupakan salah satu persyaratan mahasiswa. Sebagai mahasiswa teknik elektro, kerja praktik di Industri seperti hal yang lumrah dan harus dilakukan. Saya selaku admin fortekin.blogspot.com akan memberikan pengalaman saya saat melakukan kerja praktik di dalah satu perusahaan industri yang saya lakukan selama satu bulan pada tanggal 1-30 Agustus 2019.

Gambar 1. Pabrik Gula Madukismo Yogyakarta

Profil Singkat
Saya melakukan kerja praktik disalah satu perusahaan industri gula di yogyakarta yaitu PT. Madubaru Yogyakarta atau yang biasa disebut PG. Madukismo Yogyakarta. PT. Madubaru Yogyakarta dibagi menjadi 2 yaitu PG. Madukismo (Pabrik Gula) dan PS. Madukismo (Pabrik Spiritus) yang lokasinya berada dalam satu area. PT. Madubaru Yogyakarta terletak di Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1955 atas prakarsa Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Secara kepemilikan PT. Madubaru sebagian sahamnya dimiliki oleh Sri Sultan Hamengkubuwono dan sebagainya dimiliki oleh salah satu perusahaan BUMN yaitu PT. Rajawali Nusindo.

Gambar 2. PG. Madukismo Tampak Depan

Proses Administrasi dan Pendaftaran
Sebelum melakukan Kerja Praktik pastinya kita harus melakukan proses pendaftaran agar kita bisa disetujui untuk melakukan kerja praktik di suatu instansi atau perusahaan. Untuk melakukan kerja praktik di PT. Madubaru kita bisa mengirimkan surat ke alamat perusahaan yang berisi proposal kerja praktik dan beberapa surat-surat permohonan dari universitas ataupun datang langsung ke perusahaan dengan menitipkanya ke pos satpam. Proses administrasi dilakukan selama satu hari, kemudian kita akan di panggil melalui panggilan telephone apakah proposal kita diterima atau tidak. Pelayanan administrasi PT. Madubaru bisa dilakukan pada senin-kamis (pukul 06.30 - 15.00) dan jumat-sabtu (06.30-11.30).

Penempatan Lokasi dan Tugas
Ketika melakukan kerja praktik, hal yang harus kita lakukan adalah menentukan tema yang akan kita bahas dan tempat untuk mendapatkan data-data untuk melengkapi laporan kerja praktik. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengajukan proposal yang dilengkapi permohonan tema yang akan kita bahas dan nantinya pihak perusahaan yang akan menempatkan kita untuk kerja praktik di bagian mana.



Jika proposal kita disetujui, waktu pelaksanaan kerja praktik berdasarkan proposal kita dan atas persetujuan perusahaan. Untuk memperjelas dan mengkonfirmasi waktu dan tempat kerja praktik, sebaiknya H-1 atau beberapa hari sebelum pelaksanaan kita bertemu beberapa pejabat yang berwenang untuk menentukan semua keputusan kerja praktik kita yang sebelumnya sudah diarahkan oleh bagian administrasi untuk menemui nama-nama siapa saja. Pertemuan tersebut dilakukan juga untuk menentukan pembimbing lapangan saat kita melakukan kerja praktik. Saat melakukan kerja praktik di PT. Madubaru saya menemui 3 orang yang menjadi pembimbing lapangan saya.

Sebagai mahasiswa teknik elektro, tentunya jika melakukan kerja praktik harus sesuai dengan keilmuan saat kita menempuh pendidikan di universitas. PT. Madubaru Yogyakarta memiliki banyak bagian / stasiun sehingga mahasiswa dari berbagai keilmuan bisa melakukan kerja praktik baik itu anak soshum maupun saintek. Saat kerja praktik saya memiliki satu teman dari universitas dan jurusan yang sama, tetapi kami berdua ditempatkan di stasiun pabrik yang berbeda dikarenakan perbedaan materi yang dibahas. Saya mengambil tema yang berkaitan dengan AVR atau automatic voltage regulator yang berkaitan dengan pembangkit listrik sehingga saya ditempatkan di Stasiun listrik dan ketel uap. Sekedar informasi tambahan, bahwa PT. Madubaru memiliki pembangkit listrik sendiri yaitu PLTU. Berbeda dengan teman saya, dia mengambil tema pembahasan tentang automasi industri, seperti plc, pneumatic, dan sensor. Lebih tepatnya teman saya mengambil cara kerja mesin pengaduk gula yang didalamnya terdapat materi-materi tersebut sehingga ditempatkan di stasiun puteran.

Pelaksanaan dan Pengalaman
Karena H-1 saya sudah menemui pihak yang berwenang untuk menentukan pelaksaan kerja praktik saya, sehingga hari pertama saya masuk sudah mengetahui tata caranya. Karena pabrik beroperasi selama 24 jam penuh setiap hari, sehingga karyawan dibagi menjadi 3 shift yaitu pagi (06.00 - 14.00), sore (14.00-22.00) dan malam (22.00-06.00) (jika belum berubah). Untuk mahasiswa yang melakukan kerja praktik ditempatkan pada shift pagi. Sebagai Informasi tambahan, bahwa PT. Madubaru beroperasi selama 24 jam penuh selama 6 bulan, karena dalam satu tahun

Hari pertama saya berangkat pagi dengan semangat, kemudian melakukan absensi yang nantinya akan dilakukan rutian setiap hari selama satu bulan saat masuk dan pulang dari pabrik. Saya menunggu untuk menemui pembimbing lapangan agar langsung bisa mengikuti kegiatan bersama karyawan pabrik lainya. Setelah berdiskusi, akhirnya saya bersama teman saya mendapatkan beberapa plan dalam melakukan kerja praktik. Dalam 1 bulan kami membagi menjadi 4 bagian , atau bisa dikatakan seminggu sekali kita akan berganti rencana dan pelaksanaan kegiatan kerja praktik.

Minggu Pertama
Minggu pertama melakukan kerja praktik, saya dan teman saya memiliki jadwal untuk mengetahui seluruh operasional dan cara kerja pabrik agar kami bisa mendapatkan informasi proses produksi gula di PT. Madubaru secara menyeluruh. Kami berdua mengelilingi dan menanyakan informasi secara detail di semua stasiun produksi. Stasiun produksi di PT. Madubaru yaitu, stasiun power house(listrik), stasiun ketel uap, stasiun gilingan, stasiun pemurnian, stasiun penguapan, stasiun masakan, staisun puteran, dan stasiun penyelesaian. Minggu pertama juga menjadi sangat penting karena di waktu ini kita akan mengenal SOP perusahaan dan bersosial dengan karyawan atau perkerja pabrik. Karyawan dan jajaran pejabat di PT. Madubaru sangat ramah dan mudah untuk memberikan informasi yang kita butuhkan. Di waktu ini juga kita mengetahui informasi penting dari PT. Madubaru bahwa di perusahaan ini masih menjunjung adat istiadat jawa dan keraton sehingga harus lebih berhati-hati dalam menjaga sikap dan sopan santun. Tentunya ini sangat penting dan saya senang melakukan kerja praktik disini karena mungkin tidak bisa didapatkan di perusahaan lainya.

Gambar 3. Stasiun Gilingan PT. Madubaru

Gambar 4.  Stasiun Puteran PT. Madubaru

Minggu kedua dan ketiga
Minggu kedua dan ketiga kami melakukan kegiatan di stasiun sesuai dengan tema yang kita ambil, saya di stasiun Ketel Uap dan Power House, sedangkan teman saya berada di stasiun puteran. Di minggu kedua saya mulai menanyakan cara kerja ketel uap, turbin uap, generator, dan beberapa perangkat yang terkait dengan tema yang saya ambil. Karena AVR merupakan baguan dari Genset, sehingga saya melakukan di minggu ketiga untuk mendapatkan data, cara kerja, dan semua informasi mendetail lainya.

Gambar 5. Stasiun Power House PT. Madubaru

Gambar 6. Generator dan Turbin Uap PT. Madubaru


Gambar 7. Perangkat Elektronik AVR Yang saya bahas

Minggu Keempat
Minggu keempat kami mulai menyusun laporan kerja praktik dan melengkapi informasi dan data yang kita butuhkan. Di minggu ini juga kita kembali melakukan proses administrasi seperti meminta tanda tangan dan cap untuk penyusunan laporan. Di waktu senggang kita juga berkeliling pabrik untiuk refreshing dan menambah ilmu.

Gambar 8. Salah satu tempat pengumpulan tebu PT. Madubaru

Seminar / Persentasi
Seminar kerja praktik atau persentasi hanya dilakukan di universitas. Kami mempersentasikan hasil dari kerja praktik saya di PT. Madubaru selama satu bulan di depan 25 mahasiswa (minimal) dan dosen penguji. Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar dan kerja praktik selesai.

Terimakasih telah membaca dan mengunjungi postingan ini di fortekin.blogspot.com semoga bermanfaat, apabila ada banyak kekurangan saya mohon maaf sebesar-besarnya.

- Admin - Wahyu Juliarto -

Comments

  1. Untuk sekarang pt madubaru masih nerima kerja praktek gk ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dikarenakan Covid 19 yang masih merajalela, saya kurang yakin PT. Madubaru Masih menerima Mahasiswa Kp atau Tidak.

      Delete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak, karena jejak digital akan selalu ada. Perkataan anda mencerminkan kualitas diri anda, terimakasih.

Popular posts from this blog

Rangkaian seri pembagi tegangan dan rangkaian Paralel pembagi arus - Rangkaian Listrik Dasar Part 3

Voltmeter dan Amperemeter - Rangkaian Listrik Dasar Part 4

Tutorial Sprint Layout (How to design PCB with Sprint Layout)