Contoh Soal Rangkaian Listrik Analisis Node Tegangan - Mata Kuliah Rangkaian Listrik

 Kali ini saya akan memberikan contoh soal analisis node tegangan atau yang biasa disebut dengan supernode. Soal ini merupakan pertanyaan dari salah satu grup facebook Teknik Elektro Saya tidak menjabarkan teori secara detail karena akan saya post di waktu berikutnya. Kali ini hanya langsung saya berikan contoh soalnya saja. Soal saya tulis dikertas dan saya foto dalam bentuk jpeg. 

Gambar 1


Gambar 2

Gambar 3

Setelah dilakukan perhitungan manual, kita coba simulasikan di software PSIM, apakah hasilnya sudah benar atau belum.
Gambar 4
Dari gambar 4 tersebut didapatkan bahwa I yang terukur pada amperemeter hasilnya sama dengan perhitungan sehingga jawabanya benar.

Terimakasih telah berkunjung, mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan ataupun lainya. Silahkan gabung ke grup Teknik Elektro di Facebook untuk diskusi terkait teknik elektro baik teori maupun praktik.

Comments

Popular posts from this blog

Rangkaian seri pembagi tegangan dan rangkaian Paralel pembagi arus - Rangkaian Listrik Dasar Part 3

Voltmeter dan Amperemeter - Rangkaian Listrik Dasar Part 4

Tutorial Sprint Layout (How to design PCB with Sprint Layout)