Vivo Apex 2020 - Apa teknologi terbaru dari Vivo?

Vivo apex merupakan prototype atau smartphone konsep dari vivo yang mulai diperkenalkan pada tahun 2018 yaitu vivo apex 1. Vivo apex yang merupakan singkatan dari "all prototype experience" digunakan untuk mengenalkan teknologi dan inovasi baru dari vivo dan menjadi tolak ukur pencapaian divisi RND vivo. Teknologi pada smartphone vivo apex akan diaplikasikan pada produk jadi vivo yang siap diperjualbelikan ke pasaran. Contohnya teknologi vivo apex 1 yang megenalkan pop up camera dan diterapkan di vivo nex 1 dan smartphone vivo lainya. Teknologi in dispay fingerprint juga merupakan teknologi inovasi dari vivo yang sekarang digunakan di berbagai merek smartphone. 

Gambar 1. Vivo Apex 2020 

Bagaimana dengan vivo apex 2020? Apakah ada teknologi terbaru dan menarik? simak artikel ini untuk mengetahui informasinya.

Desain dan Tampilan
Pada vivo apex 2018, teknologi bezelless dengan rasio screen to body sangat besar diperkenalkan vivo dan banyak vendor smartphone yang menirunya. Desain unibody kemudian menjadi desain yang istimewa dan unik pada vivo apex 2019. Sedangkan pada vivo apex 2020, mereka mengenalkan teknologi layar melengkung sebesar 120 derajat dengan besar 6,45 inchi. Teknologi ultra bezelless juga diperkenalkan vivo apex 2020 dengan rasio screen to body sebesar 98 persen. 

Desain unibody juga membuat vivo apex semakin menarik, karena dengan desain ini vivo apex 2020 tanpa memiliki tombol fisik dan satupun lubang. Untuk tombol fisik seperti volume, vivo apex menggunkan teknologi preasure sensor pada sisi samping layar. 

Gambar 2. Desain dan Tampilan Vivo Apex

SoundCasting Techonology - Generasi ke-3
Teknologi ini sudah diperkenalkan pada vivo apex sebelumnya, tetapi kali ini disempurnakan oleh vivo apex 2020. Teknologi SoundCasting ini bekerja dengan menghantarkan audio dari amplifier ke layar smartphone. Pada SoundCasting generasi ke-3 ini menggunakan teknologi 2 High Performance Audio Amplifiers dan 2 exciters.

Gambar 3. Teknologi Soundcasting Vivo Apex 2020


In Display Camera
Akhrinya vivo menjadi vendor pertama yang resmi mengenalkan teknologi in dislay camera. Walaupun sebelumnya xiaomi dan oppo dempat bersaing menunjukan teknologi ini, tetapi hanya sebatas melalui akun sosial media dan tidak resmi diperkenalkan secara spesifik ke publik. In display kamera pada vivo memiliki resolusi sebesar 16 MP. Teknologi ini bekerja dengan mentransmisikan cahaya dari luar ke dalam kamera melalui layar. Bagian layar pada in dispay camera tentunya berbeda dengan bagian layar lainya. Vivo mengklaim bahawa hasil foto selfie dari in display camera akan tetap jernih dan berkualitas. 

Gambar 4. Vivo Apex 2020 In display Camera

Continuous Optical Zoom 5 - 7 X
Teknologi ini merupakan teknologi untuk zoom kamera yang bekerja secara real optik. Umumnya teknologi zoom pada kamera smartphone bekerja dengan cara digital zoom sehingga apabila diperbesar akan memiliki penurunan kualitas. Selain itu, umumnya zoom kamera smartphone saat ini bekerja dengan perpindahan lensa satu ke lensa lainya dengan bantuan software. Teknologi ini yang memungkinkan kamera smartphone untuk menyamai teknologi kamera profesional. 

Gambar 5. Vivo Apex Optical Zoom

Gimbal- Stabilizing Main Camera 48 MP
Teknologi terbaru yang membuat vendor smartphone lain ketakutan adalah kamera dengan gimbal yang akan membuat hasil video recording menjadi sangat stabil melebihi OIS biasa. Teknologi gimbal ini diakui menuri konsep mata bunglon yang sangat stabil. 

Gambar 6. Gimbal Stabilizing Vivo Apex

Voice Tracking Autofokus
Teknologi ini merupakan yang pertama dan sangat canggih, karena dengan teknologi ini vivo apex bisa memfokuskan untuk merekam suara dari bagian yang kita pilih saat merekam sebuah video. Teknologi ini menggunakan 3 microphone, dengan 2 untuk merekam suara dan 1 untuk tracking autofokus.  Teknologi intelegent image tracking berpera dalam memilih sebuah gambar yang mengeluarkan suara dan yang kita pilih. 

Gambar 7. Vivo Apex 2020 Voice Tracking Autofokus

Super Flash Charge 60 Watt
Teknologi pengisian daya ini bekerja secara wireless, yang mana diilustrasikan teknologi ini akan mengisi baterai ssebesar 2000 mAh dengan waktu hanya 20 menit. 

Gambar 8. Vivo Apex wireless charging 60 watt


Demikian informasi mengenai smartphone konsep vivo apex 2020, semoga bermanfaat. Mohon maaf jika ada banyak kekurangan, terimakasih, wassalamualaikum wr,wb. 



-Admin-Wahyu Juliarto-

Comments

Popular posts from this blog

Rangkaian seri pembagi tegangan dan rangkaian Paralel pembagi arus - Rangkaian Listrik Dasar Part 3

Voltmeter dan Amperemeter - Rangkaian Listrik Dasar Part 4

Tutorial Sprint Layout (How to design PCB with Sprint Layout)