Automatic Voltage Regulator (AVR) dan Cara Kerjanya

Automatic Voltage Regulator atau yang biasa disebut dengan AVR adalah sebuah perangkat elektronika yang berfungsi sebagai penyetabil tegangan output generator. Dalam menyetabilkan tegangan, AVR memberikan eksitasi (penguatan) kepada generator yang besar kecilnya disesuaikan dengan keluaran generator. Untuk memperjelas cara kerja AVR berikut saya berikan contoh salah satu AVR seri ABB Unitrol 1010 yang sudah cukup memberikan gambaran tentang cara kerja eksitasi, karena pada dasarnya prinsip kerjanya sama dengan seri yang lain.

Gambar 1. Diagram Cara Kerja AVR Unitrol 1010

Mula mula generator bekerja yang eksitasi awalnya berasal dari batere dan digerakan oleh penggerak mula / prime mover. Setelah generator bekerja dan memberikan sebuah arus dan tegangan output, kemudian tidak langsung di distribusikan ke jaringan akan tetapi besar kecilnya tegangan output di sesuaikan dengan besarnya pada jaringa yang nilainya sudah ditetapkan. 

Tegangan dan arus otuput dari generator yang ditunjukan oleh code (SM/Syncronous Machine) disensor oleh sensor arus IM2 dan sensor tengangan UM dan masuk ke bagian Measurement and Control Input. Pada bagian Unet menunjukan sensor tegangan yang nilainya nantinya akan dibandingkan dengan nilai di UM dan IM2. 

Nilai output yang telah disensor ini dibandingkan besarnya untuk mengatur besar kecilnya eksitasi (E) yang diberikan kepada generator. Jika tegangan keluaran yang dihasilkan generator kurang dari tegangan yang diinginkan, maka AVR akan mengirimkan sinyal yaitu dengan memperbesar nilai duty cycle agar tegangan yang diberikan ke exciter dilebihkan. Kemudian AVR akan mengurangi supply tegangan ke kumparan medan (E) jika tegangan yang disensing dari kumparan utama generator sudah mencapai tegangan yang diinginkan. 

Pada bagian AUX L1, L2, dan L3 merupakan power supply untuk menyuplay kebutuhan daya AVR. Bagian PWR L1, L2, dan L3 merupakan daya untuk mneyuplay eksitasi generator yang besar kecilnya telah diatur oleh PWM. 

Sekian penjelasan cara kerja AVR semoga bermanfaat. Terimakasih

Comments

Popular posts from this blog

Rangkaian seri pembagi tegangan dan rangkaian Paralel pembagi arus - Rangkaian Listrik Dasar Part 3

Voltmeter dan Amperemeter - Rangkaian Listrik Dasar Part 4

Tutorial Sprint Layout (How to design PCB with Sprint Layout)