Bahaya Cromium Malware dan Solusinya


Kenapa saya menulis ini?
Assalamualaikum wr. wb, Saya akan berbagi pengalaman yang saya alami sendiri berkaitan dengan chromium malware. Disini akan saya jelaskan apa itu chromium malware, penyebab, dan cara mengatasinya. Pada tanggal 9 November 2019, saya mendownload sebuah skinpack (software kustomisasi tampilan komputer dari tema, icon folder, font, pointer wallpaper, dll). Saya mendownload dari salah satu situs skinpack popular. Setelah saya download saya menginstal tanpa ragu-ragu dikarenakan saya sudah pernah memakai skinpack ini dan mendownloadnya juga dari situs yang sama. Setelah penginstalan selesai, seperti biasa instaler akan menyuruh kita untuk merestart komputer. Penginstalan Skinpack berhasil, akan tetapi tiba-tiba ada satu browser yang bernama Chromium, software ini mirip dengan Google Chrome tetapi berbeda warna pada logonya, dan setelah saya mengumpulkan informasi ternyata bukan berasal dari satu pengembang software yang samatapi, alias berbeda. Sebenarnya Chromium bukanlah virus, malware, atau sejenisnya, ini hanyalah browser biasa seperti google chrome, akan tetapi yang saya unduh adalah fake chromium yang merupakan malware yang membahayakan komputer.

Dari informasi yang saya kumpulkan, Chromium Malware merupakan browser berbahaya yang dibuat menggunakan kode  Chromium browser yang resmi. Program ini bekerja dengan membajak/merekam aktivitas kita secara online. Jadi pembuat program fake ini akan mengumpulkan informasi milik anda dan sewaktu-waktu mereka bisa menggunakanya untuk kepentingan pribadi. Bahayanya adalah program ini mengubah Windows Registry dan mengubah pengaturan penelusuran web. Perlu diketahui bahwa registry memegang peranan penting karena merupakan sebuah basis data yang mengandung konfigurasi dari sistem mulai dari hardware, software, dan profil , sehingga apabila ada kesalahan registry bisa menyebabkan hal hal serius seperti bue screen, notifikasi eror secara terus menerus, hang, bahkan berefek pada kerusakan hardware. Tentunya hal tersebut membuat panik bagi orang awam yang kurang mengerti tentang registry windows. 

Dari pengalaman saya, saat tersambung internet program ini akan membuka jendela baru secara terus menerus, efeknya kinerja RAM dan CPU menjadi lebih ekstra. Bahkan yang saya alami chromium membuka sebanyak 8 kali. Tanpa membuka apapun RAM komputer saya yang berkapasitas 4 GB digunakan oleh program ini sebesar 98 persen, dan CPU i5 saya digunakan 88 persen, alhasil komputer menjadi panas dan  kipas komputer berputar cepat. Notifikasi eror juga muncul secara terus menerus. Kemudian beberapa software instalan saya yang lain seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan Proteus tidak bisa dibuka. Beberapa file saya juga hilang. Kejadian yang paling parah adalah setiap tersambung internet dan mengalami hal seperti sebelumnya diatas, tiba-tiba layar menjadi black screen dan kadang blue screen. Tombol start dan pencarian pun tidak bisa digunakan.

Penyebab dan Solusi!!!
Penyebabnya adalah biasanya korban mengunduh file-file yang berembel-embel gratis atau file-file bajakan yang mana malware ini satu paket dengan file tersebut. 

Apabila komputer anda mengalami hal yang sama dengan milik saya solusinya adalah sebagai berikut:
1. Buka Task Manager dengan cara mengeklik tool pencarian windows, ataupun dengan menekan tombol Ctrl + Alt + Del dan disitu akan muncul task manager 
(Jika menggunakan pencarian windows)

(Jika menggunakan Ctrl+ Alt + Del)
(Tampilan Task Manager)

2. Langkah berikutnya adalah klik kana pada software chromium di task manager kemudian pilih open file location, karena saya sedang tidak menginstal chromium maka saya memberikan contoh dengan google chrome, yang prosesnya sama saja. Disini anggap saja logo google chrome adalah chromium. 

(Tampilan Lokasi Fake Chromium)


3. Setelah itu kembali ke task manager dan klik kanan pada browser chromium dan pilih end task, klik yes. Lakukan pada semua browser chromium yang terbuka sampai habis. 


4.Kembali ke lokasi chromium dan pindah aplikasi chromium ke resycle bin dengan cara mendrag nya.


5. Susul dengan memindah file-file lain , dengan cara membuka setiap foldernya kemudian pindah. Ingat File didalam folder dahulu baru foldernya. 


6. Lakukan langkah tersebut sampai file dan folder habis kemudian restart komputer

Cara tersebut terbukti dapat menghilangkan malware chromium, dan komputer tidak hang karena RAM CPU tidak penuh. Namun apabila registry anda sudah banyak yang berubah anda harus memperbaiki registrinya. Jika orang awam windows biasanya melakukan penginstalan ulang pada windows tersebut. Terimakasih telah berkunjung jangan lupa untuk tinggalkan komentar. Semoga bermanfaat. 




Comments

Popular posts from this blog

Rangkaian seri pembagi tegangan dan rangkaian Paralel pembagi arus - Rangkaian Listrik Dasar Part 3

Voltmeter dan Amperemeter - Rangkaian Listrik Dasar Part 4

Tutorial Sprint Layout (How to design PCB with Sprint Layout)