ENERGI TERBARUKAN (Reneweble Energi)


Apa itu Reneweble Energy??
Reneweble Energy/Energi Terbarukan merupakan energi yang bersumber dari alam yang sifatnya berkelanjutan dan mudah untuk di perbarui / diproduksi dalam waktu yang tidak lama. Jadi Energi terbarukan tidak seperti energi yang bersumber dari fosil yang jika habis akan sangat lama untuk memperbarui sumber energi tersebut karena proses pembentukan fosil sangat lama.

Sumber-Sumber Energi Terbarukan :
Ada berbagai macam sumber energi terbarukan, berikut adalah contohnya :
a. Energi Matahari

Energi ini bersumber radiasi panas matahari yang mencapai ke bumi. Saat ini pemanfaatanya dibagi menjadi 2 macam yaitu Solar Thermal dan Solar cell (Photovoltaic). Solar thermal bekerja dengan memanfaatkan energi panas hasil dari konversi panas matahari yang panasnya bisa digunakan untuk dikonversi ke bentuk energi lainya. Sedangkan Solar cell mengubah energi matahari menjadi energi listrik dan yang mengubahnya adalah komponen yang bernama photovoltaic cell tersebut. Contoh penerapanya selain digunakan pada pembangkit listrik adalah pada pemanas oven tenaga surya dan penghangat ruangan.
b. Energi Air

Hydro Energy merupakan energi yang berasal dari aliran air. Aliran air skala besar dapat berasal dari waduk atau bendungan, dan skala kecil (microhidro) berasal dari aliran sungai kecil maupun saluran air. Aliran air dikonversi menjadi energi listrik menggunakan generator. Generator merupakan mesin yang berfungsi mengubah energi gerak menjadi energi listrik, kemudian listrik didistribusikan untuk berbagai kepentingan. Selain digunakan untuk listrik, sumber energi ini juga bisa digunakan untuk pemanfaatan lain yaitu pengiriman barang menggunakan aliran air, transportasi air dan masih banyak pemanfaatan lainya.
c. Energi Angin

Merupakan sumber energi yang berasal dari pergerakan angin. Pada dasarnya prinsipnya mirip dengan energi air, yaitu merubah sumber energi menjadi energi listrik menggunakan generator, jadi perbedaanya hanya pada sumber energinya. Dalam skala besar, di Indonesia sumber ini dimanfaatkan menjadi energi listrik dengan nama PLTB (Pembangkit Listrik Tenaga Bayu).
d. Biomassa
Pemanfaatanya sering disebut dengan bioenergi. Energi Ini berasal dari reaksi kimia makhluk hidup, baik itu hewan, tumbuhan, maupun mikroorganisme. Hasil energi biomassa ini dapat dimanfaatkan langsung seperti bahan bakar transportasi, bahan bakar rumah tangga dan dapat juga dimanfaatkan tidak langsung dengan mengubahnya menjadi energi listrik melalui konverter yang sudah disesuaikan.

Demikian sumber-sumber energi terbarukan, sebetulnya masih ada yang lain, akan tetapi keempat sumber tersebut adalah yang paling umum dan banyak jumlahnya. Sumber-sumber lainya yaitu seperti panas bumi, gelombang air laut dan masih banyak lagi kedepanya karena adanya penelitian dan inovasi.  Terimakasih jangan lupa untuk komentar dan share postingan ini agar kita selalu memberikan informasi yang bermanfaat dan selalu lebih baik.

Comments

Popular posts from this blog

Rangkaian seri pembagi tegangan dan rangkaian Paralel pembagi arus - Rangkaian Listrik Dasar Part 3

Voltmeter dan Amperemeter - Rangkaian Listrik Dasar Part 4

Tutorial Sprint Layout (How to design PCB with Sprint Layout)